Sabtu, 12 November 2011

Negara Inggris

I.            Pendahuluan
Ratu Elizabeth II , Pangeran Phillip , Pangeran Charles , Putri Diana , Pangeran Harry , Pangeran William , Putri Kate Middleton , David Beckham , Manchester United , Chelsea , Liverpool , The Beatles , Buckingham Palace , Big Ben dan lain-lain . Apakah anda mengenal nama-nama tersebut ?  Tahukah anda dari Negara mana nama-nama tersebut berasal ? Ya , Inggris . Negara yang pernah menjuarai Piala Dunia pada tahun 1966 ini terletak di kawasan Eropa .
Inggris adalah negara bagian terbesar dan terpadat penduduknya dari negara-negara bagian yang membentuk Persatuan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara (United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland). Negara-negara lainnya adalah Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara .
Inggris mempunyai bendera yang berwarna putih dan di tengahnya ada tanda salib yang berwarna merah (gambar 1.1) .
Inggris pun mempunyai lambang Negara berupa tiga singa (gambar 1.2) . Lambang ini pun melekat pada kostum Timnas sepak bola Inggris yang berjuluk The Three Lions .
Lagu kebangsaan inggris yaitu “God Save the Queen” .
     
Gambar 1.1           Gambar 1.2






II.                        ISI
Negara yang ber ibu kota London ini sangat menarik sekali untuk diteliti , mulai dari system pemerintahan , letak geografi , agama yang dianut masyarakat Inggris , perekonomian Inggris , pendidikan dan budaya , masakan khas , tempat pariwisata dan lain-lain .
v System Pemerintahan
Inggris memiliki system pemerintahan yang berbentuk monarki konstitusional . Pemegang kekuasaan tertinggi (kepala Negara) berada pada tangan Ratu Elizabeth II . Sementara itu , system pemerintahan (kepala pemerintahan) berada di bawah kinerja Perdana Menteri , yaitu David William Donald Cameron . Berikut ini susunan keluarga kerajaan Inggris dan susunan pemerintahan :
·        Ratu                                  : Elizabeth II
·        Raja                                   : Philip(suami Ratu Elizabeth II)
·        Putera Mahkota  : Pangeran William
·        Perdana Menteri : David Cameron


v Geografi Inggris
Inggris merupakan negara terbesar ke delapan di dunia.
Inggris berbatasan langsung dengan :
·        Skotlandia di sebelah utara
·        Wales di sebelah barat
·        Prancis yang dipisahkan oleh Selat Inggris di sebelah selatan .
Di Inggris pun ada terowongan yang menghubungkan Inggris dengan daratan Eropa , yaitu terowongan Channel . Terowongan ini menghubungkan antara Inggris dan Perancis di daratan Eropa .




v Agama yang dianut masyarakat Inggris
Agama yang dianut oleh masyarakat Inggris yaitu :
·        Anglikan (agama mayoritas)
Agama ini menganut paham reformasi dari Protestan , tetapi tetap bersifat Katolik .
·        Katolik
·        Hindu
·        Yahudi
·        Islam


v Ekonomi Inggris
Perekonomian Inggris merupakan yang terkuat keenam di dunia dan ketiga di Eropa setelah Jerman dan Perancis . Inggris mempunyai mata uang yang bernama Poundsterling . Sektor pariwisata merupakan sektor terbesar penyumbangan pendapatan nasional negara tersebut .


v Pendidikan dan budaya Inggris
Di Inggris , terdapat dua universitas terkemuka di dunia ,  yaitu Universitas Oxford dan Universitas Cambrige . Dari universitas ini pun telah lahir tokoh-tokoh yang berpengaruh bagi dunia , di antaranya Sir Isaac Newton , Michael Faraday , Charles Darwin . Selain itu , Inggris pun terkenal dengan tokoh-tokoh sastra yang sangat terkenal ,
di antaranya William Shakespeare yang terkenal melalui karyanya , yaitu Romeo and Julliet . Di samping itu semua , di Inggris pun terdapat warisan sejarah dari abad neolitikum , yaitu Stonehenge .




v Masakan khas Inggris
v Fish and Chips
Fish and Chips merupakan makanan khas dari Inggris yang terdiri dari kentang goreng dan ikan goreng dibalut tepung tawar serta dihidangkan saat masih panas . Hidangan ini disajikan tanpa penambahan bumbu apapun , alias tawar . Kalaupun ada bumbu yang selalu pelayan tawarkan , bumbu itu hanya cuka . Selain itu , dapat juga menggunakan vinegar  . Vinegar adalah pengganti cuka yang umumnya terbuat melalui fermentasi buah apel . Saat dihidangkan , ukuran 1 porsi biasanya lumayan besar atau banyak .
Fish and chips terbuat dari daging ikan laut cod / haddock warna putih sebesar telapak tangan dengan chips potongan ikan .

v Yorkshire Pudding



Yorkshire pudding adalah makanan tradisional dan popular di Inggris dan berasal dari kawasan North-east England . Menurut sejarahnya , ketika Inggris masih miskin , Yorkshire Pudding menjadi makanan utama keluarga miskin yang tidak sanggup membeli daging . Biasanya anak-anak akan mendapat pudding ini dengan kuah daging bila tidak tersedia cukup daging di dalam satu keluarga .
Sekarang , Yorkshire pudding hamper selalu disajikan bersama daging sapi panggang sebagai makanan utama  “tradisional Inggris”.


v Tempat pariwisata
Sektor pariwisata di Inggris sangatlah menarik untuk dikunjungi . Tempat yang sering dijadikan tempat wisata yaitu :

v The Big Ben


 

Big Ben merupakan ikon Kota London umumnya dan Inggris khususnya . Big Ben merupakan menara jam yang berlokasi di Gedung Parlemen di Westminster , London . Bangunan ini merupakan menara jam terbesar kedua di dunia . Nama Big Ben sebenarnya nama kecil dari lonceng yang terletak di dalam menara tersebut . Jam di menara Big Ben dikenal dengan ketepatan waktunya .

Pembangunan menara ini merupakan bagian dari rencana pembangunan istana baru oleh Charles Barry .  Pembangunan istana baru ini dilakukan karena istana Westminster yang lama hancur akibat kebakaran . Menara Big Ben dibangun dengan gaya gothic dan memiliki ketinggian mencapai 96,3 meter .

Jam dan lonceng didesain oleh Augustus Pugin .


Jam Big Ben diletakkan pada sebuah kerangka besi berukuran 7 meter dan ditopang dengan 312 kepingan kaca oval sehingga mirip seperti jendela berwarna . Sementara itu , lonceng Big Ben seluruhnya dilapisi dengan emas . Di bagian bawah jam , terdapat sebuah tulisan yang diperuntukkan Ratu Victoria I . Tulisan itu dalam bahasa Indonesia  berarti “Oh Tuhan , Lindungilah Ratu Victoria yang Pertama” .


v  Stonehenge

Stonehenge merupakan suatu bangunan peninggalan zaman Perunggu dan Neolitikum . Bangunan ini terletak di Wiltshire , Inggris . Stonehenge meliputi bangunan tambak tanah yang mengelilingi batu besar yang berdiri tegak membentuk lingkaran . Para ahli sejarah memperkirakan bangunan peninggalan sejarah ini dibangun antara 2000 SM sampai 2500 SM . Stonehenge merupakan tempat yang termasuk dalam daftar warisan dunia UNESCO sejak 1986 .


v  Museum Madame Tussauds


Museum Madame Tussauds adalah museum lilin yang terletak di Kota London . Museum ini menjadi salah satu tempat tujuan wisata favorite di Inggris . Museum Madame Tussauds pertama kali didirikan oleh pematung lilin Marie Tussauds . Di museum ini banyak sekali tokoh-tokoh dunia dari berbagai kalangan terukir dalam pahatan patung lilin . Tokoh-tokoh yang terukir dalam bentuk patung lilin di Museum Madame Tussauds mulai dari Marilyn Monroe sampai Justin Bieber .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar